Cara Pemulihan Rahim Setelah Operasi Caesar

Cara pemulihan rahim setelah operasi caesar sangat penting untuk diketahui oleh wanita yang melahirkan operasi caesar. Bahkan tidak hanya untuk diketahui saja, tapi juga harus dilakukan supaya dapat mempercepat proses pemulihan rahim.

Operasi caesar dilakukan dengan metode pembedahan pad abagian dinding rahim untuk mengeluarkan bayi. Dengan proses ini maka bagian penting yang harus diperhatikan ialah pemulihan rahim sesusah operasi, biasanya proses ini dapat menimbulkan rasa sakit yang lebih besar dibandingkan dengan melahirkan normal.

 

cara pemulihan rahim setelah operasi caesar

 

Cara Pemulihan Rahim Setelah Operasi Caesar

Jangan terlalu cepat saat bergerak

Semua ibu yang baru melahirkan pasti ingin cepat bergerak dan menyusui bayi. Tapi bagi ibu yang melahirkan dengan metode operasi caesar tidak boleh melakukan gerak cepat. Karena gerakan masih sangat sedikit untuk ibu yang sudah melahirkan dengan cara metode ini. Ibu akan belajar bergerak di sekitar tempat tidur maka akan berjalan pelan dan juga akan belajr untuk mengangkat bayi. Gerakan apda perut harus sangat kecil untuk mengurangi resiko pembekuan darah dan aliran daran yang naik ke paru-paru.

Hindari gerakan membungkuk atau mengangkat

Cara pemulihan rahim setelah operasi caesar yaitu ibu harus menghindari gerakan membungkuk dan mengangkat. Bila ibu ingin mengangkat bayi maka sebaiknya mendapatkan bantuan dari orang lain. Ibu masih bisa menggendong bayi ketika susuk di kursi, kemudian beri bantalan yang lembut disekitar perut untuk mencegah tekanan perut dari berat bayi. Dengan cara ini ibu pun masih tetap bisa menyusui bayinya.

Banyak minum air putih

Salah satu manfaat minum banyak air putih yaitu dapat membantu supaya tidak mendapatkan dehidrasi. Dehidasi biasanya dialami oleh semua ibu yang sudah melakukan metode melahirkan operasi caesar. Oleh karena itu ibu yang baru melahirkan dengan operasi caesar harus minum air secara teratur.

Minum obat

Terkadang ibu yang baru melahirkan dengan cara operasi caesar mengalami rasa nyeri dan kram pada rahim sebab bentuk rahim mengalami penyusutan sesudah bayi lahir. Bahkan rasa nyeri pun akan semakin hebat rasa nyeri na pada luka bekas operasi. Untuk perawatannya minumlah ibat secara teratur yang diresepken oleh dokter. Obat yang diberikan biasanya obat yang mengandung zat anti inflamasi yang mampu mencegah peradangan dan membantu luka operasi supaya cepat sembuh.

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat

Salah satu keluhan yang biasanya dialami oleh orang baru melahirkan secara caesar yaitu sembelit. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini maka ibu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi.

Hindari infeksi

Walaupun ibu yang baru melahirkan secara caesar memperhatikan kesehatan rahim yang ada dibagian dalam, tapi ibu juga harus memperhatikan luka bekas operasi supaya bekas operasi tidak menimbulkan infeksi.

Tahan perut ketika batuk

Kontraksi ringan akan sering terjadi di bagian rahim. Untuk mempercepat pemulihan rahim setelah operasi caesar cepat saat anda terserang batu, maka tahan daerah perut bagian bekas operasi. Karena tekanan ketika batuk dapat menyebabkan rasa tidak nyaman.

Konsumsi makanan yang bergizi

Cara pemulihan rahim setelah operasi caesar yaitu harus mengonsumsi makanan yang bergizi. Karena berbagai jenis zat yang terdapat pada makanan dapat mendukung pemulhan rahim dari dalam ataupun dari luar.

Jenis makanan yang disarankan untuk ibu yang baru melahirkan secara caesar yaitu makanan yang mengandung serat tinggi, vitamin C, protein, zat besi dan kalsium.

Setelah mengetahui cara pemulihan rahim setelah operasi caesar, diharapkan ibu yang melahirkan dengan cara operasi caesar dapat melakukan cara yang sudah dijelaskan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>