Kandungan Gizi Daun Ketumbar Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Segudang kandungan gizi daun ketumbar dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Kandungan zizi yang ada pada daun ketumbar diantaranya linallol, kalsium, fosfor, protein, karbohidrat, lemak dan mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C.

Mendengar nama daun ketumbar mungkin akan terasa asing bagi sebagian orang. Karena yang sering digunakan untuk memasak adalah ketumbar bukan daun ketumbar. Tapi, daun ketumbar memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Daun ketumbar mirip seperti daun seledri, namun ada beberapa bagian yang membedakannya. Daun ketumbar sedikit lebih bulat bila dibandingkan dengan seledri. Bahkan kandungan nutrisinya pun berbeda.

Manfaatnya Daun Ketumbar Bagi Kesehatan

Mengatasi gangguan menstruasi

Salah satu manfaat daun ketumbar bagi kesehatan adalah mengatasi gangguan menstruasi seperti nyeri saat menstruasi. Selain itu dapat mengatur siklus menstruasi. Cara mengolah daun ketumbar untuk meredakan nyeri saat menstruasi adalah sengan cara direbus. Pertama-tama cuci terlebih dahulu daun ketumbar, rebus dengan menggunakan air, biarkan sampai mendidih, setelah itu saring dan ambil airnya. Minum saat sebelum menstruasi dan di saat sedang menstruasi. Selain direbus, daun ketumbar juga bisa diolah menjadi jus.

Baik untuk diabetes

Daun ketumbar juga mempunyai manfaat bagi penderita diabetes. Karena daun ketumbar bermanfaat dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan daun ketumbar mempunyai efek merangsang kelenjar endokrin, sekresi insulin meningkat dari pankreas yang kemudian meningkatkan insulin dalam darah. Proses ini mengatur asimilasi yang tepat dan penyerapam gula darah.

Mengobati sariawan

Daun ketumbar juga memiliki manfaat dapat mengobati sariawan. Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki komponen minyak atsiri merupakan antiseptik sangat baik.Selain itu juga memiliki komponen antimikroba dan bisa menyembuhkan efek yang menyembuhkan luka dan bisul di mulut. Semua komponen tersebut mampu mempercepat proses penyembuhan luka dan menyegarkan napas.

Menurunkan kadar kolesterol

Daun ketumbar juga dapat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Hal ini dikarenakan daun ketumbar memiliki kandungan zat asam diantaranya asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat dan asam askordat. Kandungan asam tersebut berperan penting dalam mengurangi kadar kolesterol di dalam darah.

Mengobati diare

Daun ketumbar memiliki beberapa komponen minyak esensial seperti borneol dan linalool. Kedua zat ini berfungsi dapat membantu pencernaan, dan meningkatkan fungsi hari juga lambung. Selain itu kedua zat tersebut juga bisa mengurangi diare.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun ketumbar juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan jika mengkonnya, salah satunya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, anda bisa mencoba pengobatan alami dengan mengkonsumsi daun ketumbar.

Manfaat lainnya daun ketumbar bagi kesehatan adalah mengobati peradangan kulit, mengobati infeksi saluran kemih,  anemia, mengeluarkan racun, mengobati batu ginjal, menyembuhkan bisul dan mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan mata dan tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>