Kenali Penyebab Bengkak Di Leher Dan Cara Mengatasinya

Pernahkah anda atau salah satu keluarga anda mengalami pembengkakan di leher atau bahkan leher anda sering membengkak? Jangan di anggap sepele karena pada sebagian kasus, bengkak di leher bisa menjadi gejala adanya penyakit serius. Berbagai hal yang menjadi penyebab bengkak di leher. Dan pada umumnya kondisi ini tidak berbahaya.

Kenali Penyebab Bengkak Di Leher Dan Cara Mengatasinya

Kenali Penyebab Bengkak Di Leher Dan Cara Mengatasinya

Gondongan

Salah satu kesehatan yang dapat menyebabkan bengkak di leher adalah gondongan. Tidak hanya mengalami pembengkakan di leher, penderita gondongan juga merasakan nyeri di sendi yang disertai dengan demam tinggi.

Cara mengatasinya

Jika bengkak di leher disebabkan oleh penyakit gondongan, perawatan yang anda bisa lakukan adalah kompres di leher yang bengkak dengan air hangat dan banyak istirahat. Sedangkan cara pencegahannya yaitu vaksinasi MMR.

Abses mulut

Bengkak di leher bisa disebabkan karena adanya kondisi abses pada mulut. Cara penanganan leher yang bengkak karena masalah abses mulut, penanganan umum yang dapat dilakukan penderita ialah pencabutan gigi jika perlu sebab sudah terinfeksi yang sebelumnya nanah harus dikeringkan lebih dulu. Konsumsi juga obat pereda nyeri yang telah diberikan oleh dokter.

Kista

Penyebab munculnya bengkak di leher adalah kista. Tahukah anda apa kista? kista adalah benjolan yang didalamnya terdapat cairan yang sebetulnya tidak berbahaya. Walaupun tidak dianggap berbahaya, kondisi ini dapat cukup mengancam jika ukurannya semakin besar dan tidak kempis. Segera periksakan ke dokter, apakah bengkak di leher yang anda alami terse] merupakan sebuah kondisi kista atau penyakit lainnya.

Difteri

Selain kista, hal iannya yang dapat menyebabkan bengkak di leher adalah difteri. Penyakit ini yaitu penyakit infeksi yang dipicu oleh bakteri dimana selaput lendir pada tenggorokan dan hidung yang terserang.

Gejala difteri yang lainnya adalah sulit bernapasm suara menjadi serak, mudah lelah dan lemas.

Cara mengatasinya

Biasanya dokter akan menyerankan pasien difteri untuk menempuh perawatan di rumah sakit. Pengobatan yang diberikan ada 2 jenis yaitu antitoksin dan antibiotik.

Gondok

Selain itu, hal lainnya yang dapat menyebabkan bengkak di leher adalah gondok. Gejala lainnya yang mungkin terjadi ialah terasa bengkak di tenggorokan, batuk-batuk, suara menjadi serak, kesulitan menelan dan sulit bernapas.

Cara mengatasinya

pada umumnya dokter akan memberika obat khusus penurun hormon tiroid atau menyarankan terapi penggantian hormon ataupun terapi yodium radioaktif. Penanganan lainnya yaitu dengan cara operasi.

Infeksi TB

Infeksi TB juga menajdi faktor yang dapat menyebabkan bengkak di leher. Penyakit ini pada dasarnya bisa diobati dengan mengonsumsi antibiotik yang diberikan oleh dokter. Sedangkan untuk pencegahan TB adalah vaksinasi BCG.

Pembengkakan kelenjar getah bening

Mengalami bengkak di leher? waspadai bisa jadi gejala kelenjar getah bening. Bila tidak langsung ditangani, bengkak di leher yang disebabkan katena kelenjar getaj bening membesar, maka ada beberapa komplikasi yang dapat terjadi.

Cara mengatasinya

Jika kasus kelenjar getah bening yang bengkak tidak berbahaya seperti radang tenggorokan dna flu, penanganannya cukup dengan memberikan tubuh banyak asupan cairan.

Pneumonia

Pneumonia adalah gangguan pernapasan yang dapat membuat penderitanya mengalami bengkak di leher. Selain gejala lainnya adalah tubuh menggigil, tubuh berkeringat berlebih, diare, demam, terasa sakit di dada, napas pendek dan betuk kering.

Cara mengatasinya

Bila bengkak di leher disebabkan pneumonia maka konsumsi obat analgesik yang sudah diberikan dokter. Selain itu, berhenti merokok.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>