Kenali Penyebab Luka Yang Sulit Disembuhkan

Setiap orang pernah mengalami luka di tubuh hingga mengeluarkan darah. Namun, kecepatan luka untuk sembuh-sembuh berbeda-beda. Ada yang cepat ada juga yang lama sembuh. Bagi anda yang mengalami luka sulit sembuh maka ketahui penyebab luka sulit disembuhkan.

Kenali Penyebab Luka Yang Sulit Disembuhkan

Penyebab Luka Yang Sulit Disembuhkan

Terganggunya suplai darah atau oksigen

Luka sulit serta lama disembuhkan bisa dipengaruhi oleh buruknya suplai darah atau oksigen yang mungkin disebabkan oleh buruknya aliran darah yang bisa disebabkan oleh kondisi medis seperti diabetes.

Infeksi

Luka sulit disembuhkan dapat disebabkan oleh adanya infeksi. Hal ini terjadi saat ada bakteri jahat masuk ke luka yang terbuka. Keadaan infeksi dan tingkat replikasi mikroorganisme akan menentukan apakah luka tersebut hanya terkontaminasi, terdapat kolonisasi, mengalami infeksi lokal atau menderita infeksi yang menyebar.

Umur

Tidak hanya anak-anak dan dewasa yang pernah mengalami luka, orang yang sudah berusia 60 atau lebih pun bisa mengalami luka. Bahkan penderita luka yang berusia 60 tahun atau lebih memiliki risiko luka sulit dan lama disembuhkan.

Kurang nutrisi

Salah satu hal yang bisa menghambat proses penyembuhan luka adalaj kurang nutirisi. Karena pembentukan kolagen atau sel pembentukan jaringan kulit baru memerlukan banyak nutrisi seperti vitamin C dan zink.

Trauma

Orang yang sedang mengalami luka harus dijauhkan dari trauma. Gesekan, benturan, hantaman pada luka bisa membuat proses penyembuhan perlu waktu.

Penyakit autoimun

walaupun telah terhindar dari faktor penghambat penyembuhan luka, luka tetap akan sulit sembuh. Contohnya penyakit autoimun. Orang dengan kelainan darah misalnya hemofilia akan sulit sembuh dari lukanya.

Pengobatan Luka

Pengobatan luka bisa dilakukan di rumah, berikut cara mengobati luka yang bisa anda lakukan di rumah:

  • Lakukan pembersihan atau perendaman dengan menggunakan air hangat yang sebelumnya di beri garam secukupnya.
  • Selain dengan air hangat, untuk pembersihan juga bisa dengan cairan alkohol. Celupkan kapas pada cairan alkohol dan tekanlah luka sedikit supaya luka tidak mengalami infeksi
  • Oleskan salep antibiotik atau cairan antiseptic untuk mencegah infeksi, pembengkakan di area luka dan pelebaran luka.
  • Balutlah luka dengan kain kasa

Itulah penyebab luka sulit disembuhkan dan cara pengobatannya. Bila anda mengalami luka yang diakibatkan benda berkarat sebaiknya segera berobat dan konsultasi ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>