Khasiat Daun Binahong Dan Cara Mengolahnya

Daun binahong memiliki bahasa latin bassela rubra linn. Batang binahong lemah, bulat, bercabang, lunak dan merayap. Daunnya tunggal dengan letak yang berseling. Dan juga mempunyai bunga majemuk yang muncul dari ketiak daun. Daun binahong bisa dijadikan obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Namun, sayangnya khasiat daun binahong belum diketahui banyak orang.

Khasiat Daun Binahong Dan Cara Mengolahnya

Daun binahong memiliki kandungan zat antioksidan, alkoloid dan saponin. Zat antioksidan yang ada pada daun binahong dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan zat karsinogen memicu sel kanker. Sehingga daun binahong ini bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko kanker.

Zat alkoloid yang ada pada daun binahong pada umumnya dipakai pada penderita diabetes. Sebab mempunyai sifat hipoglikemik yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Sedangkan zat saponin yang terkandung pada daun binahong bermanfaat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang bisa menyehatkan jantung.

Khasiat Daun Binahong Dan Cara Mengolahnya

Kencing manis

Salah satu khasiat daun binahong untuk kesehatan adalah dapat mengobati kencing manis secara alami. Cara mengolah daun binahong untuk penyakit kencing manic yaitu sediakan terlebih dahulu 11 lembar daun binahong, cuci hingga bersih, rebus dengan menggunakan air, rebuslah sampai mendidih. Diamkan sebentar, bila sudah hangat saring dan minum air rebusannya setiap hari.

Sesak nafas

Sesak nafas dapat diobati dengan cara alami yaitu dengan daun binahong. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan 7 lembar daun binahong, cuci terlebih dahulu, rebus hingga mendidih, saring dan bila sudah hangat minum air rebusannya yang telah disaring tersebut.

Batuk yang disertai dengan muntah darah

Cara alami mengobati batuk yang disertai dengan muntah darah adalah dengan minum ramuan daun binahong. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan 10 lembar daun binahong yang telah dicuci bersih, rebus dengan air hingga mendidih, saring dan minum air rebusannya selagi hangat.

Penyakit paru-paru

Khasiat daun binahong juga bisa membantu mengurangi masalah penyakit paru-paru secara alami. Cara mengolah daun binahong untuk penderita penyakit paru-paru yaitu sediakan terlebih dahulu 10 lembar daun binahong, rebus dengan air hingga mendidih, saring dan minum air nya selagi hangat.

Maag

Selain kunyit, untuk mengobati penyakit maag secara alami juga bisa dengan mengkonsumsi ramuan daun binahong. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan 10 lembar daun binahong yang telah dicuci bersih, rebus hingga mendidih dan saring. Minum airnya selagi hangat.

Cara yang kedua yaitu, blender 10 hingga 15 lembar daun binahong dengan air 100 hingga 200 ml. Minumlah sebagai jus.

Kandung kemih membengkak

Kandung kemih yang membengkak bisa diatasi secara alami yaitu dengan minum air rebusan daun binahong. Caranya sangat mudah yaitu sediakan terlebih dahulu 10 lembar daun binahong, 4 gram daun kumis kucing dan 4 gelas air. Cuci terlebih dahulu daun binahong dan daun kumis kucing. Kemudian rebus semua bahan dengan air, dan rebuslah hingga mendidih. Saring dan minum airnya selagi hangat.

Radang ginjal

Daun binahong juga bermanfaat untuk mengobati radang ginjal secara alami. Cara mengolah daun binahong untuk mengobati radang ginjal yaitu sediakan dahulu 7 lembar daun binahong, cuci hingga bersih dan rebus dengan menggunakan ai 2 gelas hingga mendidih hingga tersisa kurang dari 1 gelas. Saring dan minum airnya selagi hangat.

Mengobati luka

Daun binahong juga bisa dijadikan obat luka alami. Karena daun binahong memiliki zat antimikroba. Cara menggunakan daun binahong untuk mengobati luka yaitu cuci terlebih dahulu beberapa lembar daun binahong, kemudian tumbuk hingga halus dan tempelkan daun binahong pada luka yang masih baru.

Itulah kandungan dan khasiat daun binahong untuk kesehatan serta cara mengolahnya. Selamat mencoba dan semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>