Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Kelamin Dan Penyebabnya

Penyakit kelamin merupakan penyakit yang terjadi pada bagian alat kelamin. Penyakit kelamin juga termasuk penyakit menular seksual. Kontak seksual yang melibatkan cairan tubuh dapat mengakibatkan penularan penyakit kelamin yang sangat cepat. Namun berbagai jenis penyakit kelamin dan penyebabnya belum diketahui oleh orang banyak.

Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Kelamin Dan Penyebabnya

Jenis Penyakit Kelamin

Cervicitis

Cervicitis ialah penyakit yang mengakibatkan peradangan di bagian mulut rahim. Jenis penyakit kelamin ini dapat menular melalui hubungan seksual. Penyebab cervicitis adalah infeksi, gangguan keseimbangan pH yang mengakibatkan pertumbuhan bakteri berlebihan, alergi terhadap penggunaan kondom, cairan pelumas dan cairan pembersih vagina.

Gejala cervicitis diantaranya keinginan buang air kecilm bau keputihan yang tidak sedap, keputihan berwarna kecoklatan atau kekuningan, keputihan berwarna hijau, keputihan tidak normal.

Chlamydia

Chlamydia adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang dapat terjadi pada pria ataupun wanita. Penyakit ini mudah diobati namun sering tidak menimbulkan gejala, sehingga bagi sebagian penderita tidak menyadari kalau mereka terkena penyakit ini. Pengobatan pun harus segera dilakukan jika anda atau salah satu keluarga anda mengidap chlamydia, karena jika pengobatannya terlambat maka dapat mengakibatkan resiko yang lebih buruk.

Penyebab chlamydia adalah bakteri. Sedangkan gejalanya adalah nyeri ketika buang air kecilm nyeri dibagian perut bawah, sering mengalami keputihan yang buruk, sering pendarahan diluar periode menstruasi dan rasa nyeri dibagian testis pria.

Epididimitis

Epididimitis ialah penyakit yang mengakibatkan peradangan di bagian epididimitis. Epididimitis ini terletak di bagian belakang testis. Penyebab penyakit ini adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan penyakit chlamydia atau gonore. Selain itu, penyebab epididimitis lainnya adalah cedera yang menyerang pangkal paha, infeksi yang menyerang bagian prostat.

Gejala Epididimitis

  • Testis terasa sakit
  • Keluarnya cairan dari penis
  • Terdapat benjolan di bagian testis
  • Ada darah di air mani
  • Sering demam
  • Bengkak di bagian skrotum

Gonore

Gonore adalah penyakit menular seksual yang terjadi pada pria dan wanita. Bila penyakit ini menyerang wanita, maka dapat mengakibatkan infeksi di bagian leher rahim. Penyakit gonore juga menyebabkan masalah di bagian salran kencing, rektum sampai tenggorokan.

Penyebab gonore adalah karena infeksi bakteri neisseris gomorrhoeae. Sedangkan gejalanya adalah nyeri ketika buang air kecil, mengeluarkan nanah di bagian ujung penis, nyeri disertai bengkak di bagian testis, nyeri di bagian perut bawah, sering mengalami keputihan juga perdarahan di luar periode menstruasi bila penyakit ini terjadi pada wanita, dan lain-lain.

Vaginitis

Vaginitis adalah penyakit yang terjadi pada wanita, penyakit ini termasuk penyakit peradangan organ seksual. Penyebab vaginitis adalah infeksi jamur, parasit, infeksi karena kondisi atrofi vagina, tingkat estrogen yang banyak menurun dan masalah keseimbangan pH dalam vagina.

Gejala vaginitis diantaranya keputihan mengalami perubahan warna menjadi lebih kuning atau kehijauan, sering gatal dan terasa panas di vagina, nyeri ketika buang air kecil, munculnya pendarahan diluar siklus menstruasi dan bau cairan vagina tidak sedap serta jumlah cairan yang berlebihan.

Prostatitis

Prostatitis merupakan penyakit yang menyebabkan pembengkakan atau peradangan di bagian kelenjar prostat. Kelenjar prostat ini berfungsi untuk menghasilkan air mani dan menyalurkan sperma. Kondisi ini cuma dapat terjadi pada pria.

Gejala prostatitis diantaranya sulit untuk buang air kecil, sering buang air kecil berlebihan di malam hari, nyeri ketika buang air kecil, terasa sakit di bagian skrotum dan anus, tidak nyaman dan terasa sakit di bagian testis, sering merasakan ejakulasi dan nyeri di bagian punggung, selangkangan atau perut bawah.

Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul disebabkan oleh infeksi yang menyerang bagian organ di panggul. Selain itu, penyakit ini disebabkan oleh infeksi dari goner dan chlamydia, penggunaan alat KB, dan hubungan seksual bebas tanpa alat pengaman.

Gejala radang panggul diantaranya nyeri ketika buang air besar, nyeri yang hebat ketika berhubungan seksual, sering mengalami menstruasi yang tidak normal atau tidak teratur, sering mengalami keputihan dan bau tidak sedap, juga terasa sakit di bagian perut bawah dan panggul.

Kutil kelamin

Kutil kelamin ialah jenis penyakit menular seksual yang dapat menyebar. Penyakit ini biasanya terjadi pada penderita HIV/AIDS yang telah terkena infeksi dari human papillimavirus.

Gejala kutil kelamin diantaranya daging kecil membengkak berwarna merah, kecil dan terletak di daerah genital, nyeri tidak btaman seperti gatal dan panas di daerah genital, sering mengeluarkan darah sesudah berhubungan seksual dan kutil dapat tumbuh berkelompok dan besar.

Itulah berbagai jenis penyakit kelamin beserta penyebab dan gejalanya yang dapat kami hadirkan di website obat infeksi rahim.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>