Mengenal Gejala Penyebab Dan Pencegahan Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal adalah komplikasi dari infeksi saluran kemih. Bakteri akan memasuki tubuh manusia melalui kulit yang berasa di sekitar uretra, kemudian dari uretras pindah ke kandung kemih, sebelum akhirnya menginfeksi ginjal. Infeksi ginjal harus ditangani dengan tepat, karena penanganan yang tepat dapat mencegah kerusakan pada ginjal atau menyebar sampai ke aliran darah dan mengakibatkan infeksi yang fatal.

Mengenal Gejala Penyebab Dan Pencegahan Infeksi Ginjal

Mengenal Gejala Penyebab Dan Pencegahan Infeksi Ginjal

Penyebab Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal terjadi saat bakteri dari saluran kemih bagian bawah menyebar ke ginjal. Dan bakteri yang menyebabkan infeksi ini yaitu E.coli. Perpindahan bakteri dari sekitar anus ke uretra bisa terjadi saat seseorang melakukan hubungan seksual atau saat membersihkan daerah tersebut sesudah buang air besar. Lalu bakteri yang masuk ke uretra tersebut menyebar sampai ke organ ginjal.

Gejala Infeksi Ginjal

  • Terdapat darah atau nanah dalam urin
  • Urin bau tidak sedap
  • Terasa nyeri di perut sebelah samping dan punggung sehingga membuat penderita tidak nyaman
  • Menggigil
  • Mudah lelah
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Kurang nafsu makan

Gejala infeksi ginjal diatas juga terkadang disertai dengan gejala uretritis (infeksi uretra) atau sistisis (infeksi kandung kemih) yaitu timbulnya sensasi terbakar dan nyeri saat buang air kecil, sering buang air kecil, urin berwarna lebih gelap dan merasa tidak dapat mengeluarkan urin sepenuhnya.

Infeksi ginjal tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi bisa terjadi pada anak-anak. Dan gejala infeksi ginjal pada anak-anak yaitu sakit kuning, urin bau tidak sedap, mengompol, sakit perut, badan yang lemas, pertunbuhan anak tidak normal, muntah, nafsu makan anak berkurang dan rewel.

Pencegahan Infeksi Ginjal

Untuk mengurangi kemungkinan terkena infeksi ginjal yaitu dengan menjaga kandung kemih dan uretra supaya selalu bersih dan bebas dari bakteri. Berikut ini cara menjaga kandung kemih:

  • Banyak minum air putih
  • Jangan menahan buang air kecil, bila anda merasa ingin buang air kecil maka segera lakukan buang air kecil.
  • Pada perempuan bersihkan sesudah buang air kecil dengan cara mengusap dari depan ke belakang, sebab ini dapat membantu mencegah masuknya bakteri yang menyebabkan sistisis dan pielonefritis ke uretra.
  • Buang air kecil sesudah berhubungan seksual supaya dapat membantu mengusir setiap bakteri yang mungkon terdapat pada uretra.
  • Hindari jenis kontrasepsi diafragma dan busa spermisida.

Penyebab, gejala dan pencegahan infeksi ginjal sangat penting untuk diketahui, karena bila anda mengetahui gejala-gejala infeksi ginjal kemudian anda atau salah satu keluarga anda mengalami gejalanya maka segera periksakan pada dokter.

Penyakit ginjal berkembang secara bertahap tergantung dari kekuatan dan ketahanan ginjal seseorang, namun bila infeksi ini terjadi selama bertahun-tahun maka akan menyebabkan infeksi yang berat dan bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, setelah anda memeriksakan diri anda pada dokter kemudian anda positif menderita infeksi ginjal maka jangan membiarkan penyakit ini berkembang. Segera lakukan pengobatan infeksi ginjal, baik pengobatan medis maupun pengobatan tradisional yang memanfaatkan bahan alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>