Mengenal Gejala Penyebab Dan Pengobatan Infeksi Paru-paru

Infeksi paru-paru ialah penyakit peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh mikroorganisme bakteri, jamur dan virus. Penyakit ini dapat menyerang siapa tidak mengenal usia, dari mulai bayi, anak-anak, dewasa hingga lansia. Orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah berisiko terkena infeksi paru-paru.

Mengenal Gejala Penyebab Dan Pengobatan Infeksi Paru-paru

Gejala Infeksi Paru-paru

Gejala infeksi paru-paru akibat virus diantaranya sakit tenggorokan, batuk, demam ringan dan pilek. Sedangkan gejala infeksi paru-paru akibat bakteri diantaranya kulit penderita terlihat merah, kering dan gatal, sesak napas, demam, menggigil, pegal-pegal, kelelahan, dan batuk. Dan gejala infeksi paru-paru akibat jamur diantaranya demam ringan, batuk, sakit tenggorokan, pilek, nyeri otot, sakit kepala, batuk, kelelahan dan sesak napas.

Gejala umum infeksi paru-paru diantaranya:

  • Produksi lendir yang berlebihan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Cepat lelah dan lesu
  • Dehidrasi
  • Sesak napas
  • Pilek
  • Demam ringan
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk

Pengobatan Infeksi Paru-paru

Pengobatan infeksi paru-paru bisa dengan pengobatan medis maupun non medis. Pengobatan infeksi paru secara medis diantaranya mengkonsumsi antibiotik, penderita biasanya diberikan obat antivirus, obat demam dan obat batuk.
Sedangkan untuk pengobatan infeksi paru-paru secara alami adalah dengan benar-benar dari bahan alami diantaranya bawang putih, jahe, dan lain-lain. bahan-bahan alami inibisa dijadikan sebagai obat infeksi paru-paru.

Berikut adalah cara mengobati infeksi paru-paru secara alami diantaranya:

Bawang putih

Salah satu cara mengobati infeksi paru-paru secara alami adalah dengan menggunakan bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang putih adalah asupan yang mengandung antibiotik alami maka bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab infeksi. Selain itu bawang putih juga mengandung minyak atsiri yang befungsi untuk mengurangi gejala nyeri pada penderita infeksi paru-paru.

Jahe

Jahe mempunyai kandungan minyak atsiri yang bermanfaat untuk melawan infeksi paru-paru akibat bakteri. Oleh karena itu konsumsilah air jahe hangat yang bermanfaat untuk membantu mengencerkan dahak yang ada di dalam paru-paru maka mudah dikeluarkan. Dan air jahe juga dapat mengurangi gejala sesak napas.

Brokoli

Mengkonsumsi sayuran brokoli dapat bermanfaat bagi kesehatan termasuk dapat membantu mengruangi gejala infeksi paru-paru. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan bakteri dan virus penyebab infeksi. Selain itu sayuran hijau yang satu ini mengandung vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Teh hijau

Minum teh hijau bagi penderita infeksi paru-paru adalah dapat membantu mempercepat proses penyembuhan infeksi paru-paru. Karena teh hijau mempunyai kandungan polifenol yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan pada paru-paru. Selain itu, kandungan ini juga berperan dalam meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga dapat membantu mengurangi gejala sesak napas.

Sangat penting untuk mengetahui penyebab dan gejala infeksi paru-paru, supaya dapat ditangani sedini mungkin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>