Mengenal Gejala Penyebab Dan Pengobatan Luka Diabetes

Penyebab dan gejala luka diabetes sangat penting untuk ketahui. Sehingga bila kita mengetahui gejala luka diabetes, maka akan bisa membedakan mana luka diabetes dan mana luka yang bukan menjadi luka diabetes. Bila memang luka tersebut luka karena diabetes, maka kita dapat melakukan berbagai perawatan dan pengobatan luka diabetes.

Mengenal Gejala Penyebab Dan Pengobatan Luka Diabetes

Penyebab Luka Diabetes

-Gangguan insulin. Faktor yang menjadi penyebab luka diabetes yaitu mempunyai gangguan pada insulin. Gangguan insulin ini disebabkan oleh produksi insulin yang banyak ataupun sedikit tapi kualitas insulin jelek sehingga luka diabetes akan muncul.

-Kurangnya produksi insulin. Penyebab lainnya adalah akibat kurangnya produksi insulin. Sehingga tidak heran bila orang yang terkena diabetes harus melakukan suntik setiap harinya bahkan setiap jamnya, hal itu disebabkan pankreas tisak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup.

-Luka diabetes juga bisa disebabkan oleh penumpukan gula darah di dalam tubuh manusia.

-Penyebab luka diabetes lainnya yaitu vasculopahty. Vasculopathy ialah kondisi pasien diabetes dimana sistem peredaran darah pasien tidak lancar, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh jadi tidak lancar terutama aliran darah menuju ke kaki terhambat.

-Penyebab luka diabetes yang diwaspadai ialah immunopathy. Suatu kondisi dimana penderita diabetes mempunyai luka yang sulit sembuh sebab penderita diabetes itu mengalami immunopathy.

Gejala luka diabetes

  • Munculnya luka dibagian kaki
  • Munculnya nanah pada luka tersebut
  • Abses pada luka diabetes akan menimbulkan pembusukan
  • Kaki terasa sering kesemutan
  • Berubahnya warna kulit menjadi membiru dan kulit yang membiru tersebut terasa mati rasa sehingga sulit digerakan.
    Terasa sakit ketika kaki digerakan

Perawatan pada luka diabetes

  • Mencuci kaki. Cara yang pertama untuk merawat luka diabetes adalah mencuci kaki. Tujuannya yaitu supaya kondisi kaki tetap bersih dan luka diabetes tidak bertambah parah.
  • Gunting kuku. Gunting kuku jika kuku panjang, karena jika kuku terlalu panjang dapat melukai luka diabetes tersebut.
  • Gunakan alas kaki. supaya tidak menambah bakteri dan kuman pada luka diabetes, maka gunakan alas kaki di dalam rumah dan di luar rumah. Pilihlah alas kaku yang pas dengan kaki anda.

Pengobatan Luka Diabetes

Pengobatan luka diabetes secara medis yaitu dengan amputansi, bila memang luka diabetes telah menyebar dan telah membusuk.

Pengobatan luka diabetes juga bisa dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan bahan alami. Dan salah satu bahan alami yang bia dimanfaatkan sebagai obat luka diabetes alami yaitu daun seduduk.

Cara mengobati luka diabetes dengan daun seduduk yaitu sediakan daun seduduk, lalu cuci terlebih dahulu, setelah itu kunyah. Balurkan daun seduduk yang telah dikunyah tersebut pada luka diabetes yang telah dibersihkan.

Selain daun seduduk, bahan alami alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka diabetes yaitu jahe. Bersihkan dahulu luka diabetes sebelum dibalur dengan jahe. Cara mengolah jahe untuk mengobati luka diabetes yaitu parut jahe kemudian balurkan pada luka diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>