Mengenal Kanker Rahim Dan Cara Mendiagnosanya

Kanker rahim mempunyai nama lain ialah kanker uterus salah satu jenis tumor ganas. Jenis kanker ini asalnya yaitu dari pertumbuhan tumor ganas yang ada berkembang dibagian lapisan rahim. Perempuan yang telah usia sekitar 50 tahun lbih atau telah melewati masa menopause biasanya lebih rentan terserang kanker rahim. Tak menutup kemungkinan juga terjadi pada perempuan yang belum menopause namun kerap terjadi pendarahan di luar siklus haid perempuan biasanya untuk mengalami kanker rahim.

mengenal kanker rahim dan cara mendiagnosanya

Wanita yang berisiko menderita kanker rahim yakni perempuan dengan masalah kegemukan, perempuan yang tidak memiliki anak, perempuan yang pada usia 12 tahun mengalami menstruasi, perempuan yang pernah mengidap penyakit ovarium polikista atau bahkan sedang terkena penyakit tersebut, perempuan yang pernah terkena diabetes dan hipertensi.

Gejala kanker rahim

Seorang yang dideteksi mengalami gejala kanker rahim lama baru diketahui. Sebab gejalanya tak terlalu spesifik dan umum di alami semua orang. Diantara gejala yang terindikasi kanker rahim ialah perut terasa bengkak dan kembung dikarenakan di dalam perut terjadi pengumpalan cairan. Keadaan ini berakibat pendarahan yang banyak waktu menstruasi. Pertanda lainnya yakni adanya keinginan buang air kecil terus menerus dan sakit di pinggang.

Ada 4 stadium atau tingkat keseriusan kanker rahim.

-Stadium 1: Fase awal di mana kanker didapati pada rahim.
-Stadium 2: Fase selanjutnya di mana penyebaran kanker terdeteksi dapat sampai ke serviks atau leher rahim.
-Stadium 3: Fase di mana penyebaran kanker telah lebih serius, yakni sampai ke luar uterus dan ini otomatis menyerang jaringan yang ada di noda limfa ataupun sekitar panggul.
-Stadium 4: Fase terakhir dan paling serius di mana penyebaran semakin meluas, adalah telah sampai di jaringan organ lain, termasuk juga perut, paru-paru, hati, usus besar dan kantong kemih.

Diagnosis kanker rahim

Untuk mengetahui apakah terkena kanker rahim atau tidak, sebaiknya lakukan tes. Lewat tes tersebut anda akan mengetahui hasi diagnosis penyakit kanker rahim. Berikut ini jeni-jenis tes untuk mendiagnosa kanker rahim:

Tes Biopsi
Tes USG Transvaginal
Tes Darah, Rontgen Dada, Ct Scan dan MRI Scan.

Demikian informasi mengenai mengenal kanker rahim dan cara mendiagnosanya. Semoga bermanfaat, terutama untuk wanita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>