Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita Dan Gejalanya

Penyakit infeksi saluran kemih tidak hanya diderita oleh pria saja, tapi juga rentan dialami oleh wanita. Sebelum masuk ke pembahasan penyebab dan gejala infeksi saluran kemuh pada wanita. Alangkah baiknya mengetahui dahulu informasi tentang jenis-jenis infeksi saluran kemih.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita Dan Gejalanya

Jenis-jenis infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) dibadin menjadi 2 macam diantaranya:

  • Infeksi saluran kemih atas adalah infeksi yang terdapat pada ginjal. Gejalanya yaitu sakit perut, sakit pinggang, demam dan menggigil.
  • Infeksi saluran kemih bawah adalah infeksi yang terdapat pada kandung kemih atau saluran kemih. Gejalanya yaitubnyeri perut dibagian bawah, terasa sakit ketika buang air kecil terutama pada akhir masa berkemih, buang air kecil (BAK) tidak tuntas atau disebut juga dengan anyang-anyangan, dan rasa ingin berkemih lagi, meski bila dicoba untuk berkemih tidak ada air seni yang keluar.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Penyebab infeksi saluran kemih pada wanita adalah infeksi bakteri. Sebagaimana pada umumnya infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh. Pada kondisi daya tahan tubuh melemah misalnya pada kondisi stres, kelelahan sehingga infeksi akan mudah terjadi.

Infeksi saluran kemih lebih sering di alami wanita karena saluran kemih bagian bawah wanita lebih pendek daripada pria. Maka mempermudah bakteri salah jalan ke atas pada jalan satu arah ini. Saluran kemih pada wanita pun tempatnya lebih dekat degan rektum dan terdapat lebih banyak bakteri di daerah ini yang bisa menemukan jalan masuk ke dalam kandung kemih. Aktivitas seksual pun bisa mendesak bakteri masuk ke dalam urin yang steril.

Gejala Saluran Kemih Pada Wanita

  • Sensasi terbakar saat buang air kecil (BAK)
  • Terasa nyeri ketika buang air kecil (BAK)
  • Sakit punggung bagian bawah
  • Warna urina kuning gelap atau cokelat serta mengeluarkan bau busuk
  • Sering buang air kecil
  • Demam

 

Bila anda atau salah satu keluarga anda mengalami salah satu atau beberapa gejala diatas, sebaiknya periksakan pada dokter untuk mengetahu apakah anda terkena penyakit infeksi saluran kemih atau tidak. Dan bila anda memang terkena penyakit ini, obat infeksi saluran kemih pada wanita bisa menjadi solusi pengobatan alternatif untuk mengurangi masalah penyakit infeksi saluran kemih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>