Penyebab Sering Buang Air Kecil Yang Perlu Diketahui

Normalnya buang air kecil 4-8 kali di setiap harinya. Tapi bila melebihi frekuensi tersebut, apalagi sampai mengganggu tidur maka harus diwaspadai. Penyebab sering buang air kecil adalah respon normal sebab banyak minum bahkan bisa juga mengidinkasikan berbagai kondisi medis tertentu.

Penyebab Sering Buang Air Kecil Yang Perlu Diketahui

Namun sebelum mewaspadainya, pastikan juga apakah anda terlalu banyak minum sehingga sering buang air kecil. Atau apakah anda minum ketika mendekati jam tidur sehingga membuat anda terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil. Jika anda tidak terlalu banyak minum dan minum ketika mendekati jam tidur, tapi buang air kecil anda melebihi frekuensi normal. Maka andapun harus mewaspadainya.

Penyebab Sering Buang Air Kecil

Membesarnya kelenjar prostat

Kelenjar prostat yang membesar atau disebut juga dengan hipertrofi prostat akan menimbulkan gejala sering buang air kecil tidak lancar. Meskipun telah selesai kencing, tapi rasanya belum tuntas dan ini bisa memicu ingin kencing lagi.

Kandung kemih hiperaktif

Salah satu penyebab sering buang air kecil yaitu adanya gangguan fungsi pada kandung kemih yaitu hiperaktif bladder. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang depresi, cemas maupun stres.

Diabetes melitus

Kadar gula darah yang tinggi  bisa menyebabkan sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan sifat gula yang menarik cairan (hidrofilik). Selain sering buang air kecil, kadar gula darah yang tinggi juga bisa membuat seseorang sering merasa haus, badan lemas dan kesemutan.

Infeksi saluran kemih

Infeksi pada saluran kemih khususnya kandung kemih bisa menimbulkan gejala sering buang air kecil, bahkan terasa nyeri dan panas ketika buang air kecil. Air seni yang keluar pun sedikit-sedikit.

Minum minuman yang berkafein secara berlebihan

Minum minuman yang mengandung kafein  secara berlebihan juga bisa memicu sering buang air kecil. Minuman yang mengandung kafein tersebut adalah teh , kopi dll. Minuman tersebut mempunyai sifat diuretik atau dapat memicu buang air kecil. Oleh sebab itu, batasi minum minuman yang mengandung kafein jika anda mengalami buang air kecil dengan melebihi frekuensi normal.

Terlalu banyak minum

Penyebab tersering sering buang air kecil adalah terlalu banyak minum. hal ini terjadi sebab mekanisme keseimbangan tubuh, saat air yang tersedia cukup maka sisanya akan dibuang.

Kehamilan

Kehamilan juga bisa menjadi penyebab sering buang air kecil pada wanita. Karena pada awal kehamilan, uterus akan tumbuh dan menekan kandung kemih, maka bisa menyebabkan sering buang kecil.

Penyebab lainnya sering buang kecil adalah faktor psikologis dan minum obat-obatan diuretik. Penyakit lainnya yang memiliki gejala sering buang air kecil adalah infeksi ginjal, batu ginjal, stroke, dan penyakit syaraf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>