Waspadai Infeksi Pasca Melahirkan

Banyak orang menganggap bahwa bahaya hanya terdapat ketika hamil dan ketika melahirkan. Padahal terdapat pula bahaya pasca melahirkan, bahkan infeksi pasca melahirkan. Sesudah melahirkan tubuh suhu tubuh seringkali meningkat. Gejala ini dapat mengindisikasikan adanya infeksi tapi mungkin pula bukan infeksi. Oleh karena itu wanita pasca melahirkan mengalami gejala ini sebaiknya periksa ke dokter.

waspadai infeksi pasca melahirkan

Penyebab infeksi pasca melahirkan

Salah satu penyebab infeksi pasca melahirkan adalah infeksi bakteri. Bakteri yang normalnya hidup pada vagina yang sehat bisa menyebabkan infeksi sesudah melahirkan.

Ada beberapa kondisi yang cenderung membuat terjadinya infeksi diantaranya usia muda, perdarahan hebat sesudah melahirkan, adanya fragmen sisa plasenta yang tertinggal didalam rahim sesudah persalinan, operasi caesar, persalinan yang lama, lamanya waktu jeda antara pecahnya selaput ketuban dan persalinan, pemeriksaan vagina berulang dan anemia.

Waspadai Infeksi Pasca Melahirkan

Infeksi pasca melahirkan bisa berhubungan dengan melahirkan yaitu terjadi pada rahim atau daerah disekitarnya. Dan infeksi pasca melahirkan juga tidak berhubungan langsung dengan melahirkan yaitu terjadi pada ginjal, kandung kemih atau payudara.

Infeksi pasca melahirkan bisa berhubungan langsung dengan melahirkan:

Infeksi rahim

Gejala infeksi rahim diantaranya nyeri perut di bagian bawah atau panggul, demam, menggigil, wajah terlihat pucat, sakit kepala, rasa tidak enak badan menyeluruh, rahim membesar dan terasa tidaknyaman, keluarnya cairan yang bau dari vagina.

Komplikasi yang berat bisa terjadi pada infeksi rahim diantaranya:

  • Terbentuknya nanah pada panggul
  • Bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah arteri di paru-paru
  • Terbentuknya bekuan darah pada pembuluh darah vena di panggul
  • Peradangan pada membran yang melapisi perut

Infeksi pasca melahirkan yang tidak berhubungan langsung dengan melahirkan:

Infeksi kandung kemih. Infeksi kandung kemih dapat menimbulkan rasa nyeri dan bisa mengakibatkan penderita sering berkemih.

Infeksi ginjal. Infeksi ginjal dapat mengakibatkan rasa nyeri di bagian punggung bawah atay samping dan rasa tidak enak badan.

Infeksi pada payudara. Infeksi yang terjadi pada payudara. Gejalanya adalah merah dan bengkak di bagian payudara dan payudara terasa lunak dan gangat.

Itulah infeksi pasca melahirkan yang harus diketahui. Bila anda mengalami salah satu infeksi yang tetah dijelaskan diatas, sebaiknya periksakan kembali pada dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>